Cara merawat Kulit Wajah yang Sensitif

Halo… gw Arin

Disini gw akan membahas tentang cara merawat kulit wajah sensitif. Sebenernya lebih ke berbagi pengalaman pribadi dan share solusi kulit gw aja sih yang memang sensitif. Jadi ini bukan di ambil dari jurnal dokter atau keilmuan lainnya tentang kulit ya. Ala ala gw aja, karena gw emang gak pake skincare dari dokter juga. Gw cari-cari solusi sendiri dengan menyesuaikan apa kebutuhan kulit wajah gw.

Gw pernah mengalami jerawat parah besar-besar dan kecil-kecil juga ada selama 6 tahunan. Dimulai kelas 2 SMA sampai lulus kuliah. Dulu waktu SMA gw berfikir ini jerawat pubertas aja, jadi pasti kalo masa pubertasnya selesai pasti juga udahan jerawatnya. Tapi pas uda lulus kuliah, gw belum juga sembuh-sembuh jerawatnya, gw berfikir ini uda bukan pubertas lagi penyebabnya, tapi emang uda bermasalah kulitnya dan harus diatasi coy.

Foto 2011

Gw coba berbagai skincare dari dokter, gonta-ganti. Awalnya tuh bagus gitu, tapi kalo uda isi ulang produknya lagi alias pembelian kedua, kulit gw kaya kebal gitu sama produknya, jadi gak ngefek dan justru memperparah jerawat gw. Dan itu selalu terjadi di setiap skincare dokter yang gw coba ya. Gatau mungkin karena kimianya yang terlalu keras kah. Akhirnya gw searching-searching cara menyembuhkan jerawat secara alami. Dan pertama yang gw lakukan adalah menetralisir kulit wajah gw dari bahan kimia yang uda meresap di kulit gw dengan cara tidak memakai skincare dokter lagi selama 1 tahun. Jadi gw cuma pake sabun muka aja tuh waktu itu. Setelah 1 tahun, barulah gw cari produk-produk berbahan organic atau alami.

Foto 2017

Kulit sensitif itu apa sih ciri-cirinya ?
Kulit sensitif itu kulit yang gampang banget memberikan alarm atau reaksi yang sangat cepat terhadap sesuatu yang kita alergikan. Bisa dari debu, makanan atau produk-produk untuk wajah. Nah… untuk reaksi yang ditimbulkan ada banyak, bisa merah-merah, jerawat gede atau sekedar beruntusan juga terkelupas kulitnya. Paling nyebelin sih reaksi yang ditimbulkan berupa jerawat, dan itu yang gw alami selama 6 tahunan di masa SMA sampai lulus kuliah.

Penyebab jerawat ?
Nah di kulit gw yang sensitif ini, alergi yang paling ribet itu alergi sama sesuatu yang kotor nempel di wajah gw aja. Kalo sama makanan cuma yang berprotein tinggi dan itu kalo gw makannya tiap hari, sehari 3 kali,, itu tuh bisa langsung beruntusan muka gw. kalo sesuatu yang kotor bisa karena tangan gw sendiri yang kalo abis megang apa-apa, trus pegang muka bisa langsung jerawatan tuh kecil-kecil. Debu-debu yang nempel di wajah, kalo gak segera cuci muka bisa langsung jerawat juga. Ribet kan… mau cari skincare tapi susah banget cari yang cocok. Kalo gak cocok pasti jerawat lagi. Ribet gitu deh cari solusinya aja susah banget. Sampe gw cape pake macem-macem di muka karena cari yang cocok. Gonta-ganti produk wajah juga bisa menyebabkan jerawat loh malah memperparah. Terakhir penyebab jerawat yang dialami semua jenis kulit adalah karena begadang. Jangan begadang deh kalo ga penting-penting amat. Kalo bisa dilakukan siang hari, lebih baik saran gw kerjain siang hari aja. Malem istirahat aja.

Sekarang gw akan kasih tau tips merawat kulit sensitif, dari mencegah jerawat, mengobati sampai menghilangkan bekas jerawat.

  1. Rajin cuci muka minimal 2 kali sehari, bangun tidur dan mau tidur
Tapi khusus kulit sensitif agak ribet. Cuci mukalah kalo lo uda ngerasa muka lo yang lagi tanpa make up aja berasa berat karena debu atau kalo yang berminyak biasanya uda kaya tambang minyak. Jadi jangan cuma 2 kali aja cuci mukanya. Malah gw suka bikin jadwal 6-7 jam sekali cuci muka. Jadi sehari bisa 3 kali gw cuci muka. Kalo yang lagi pakai make up… bersihkan dulu pake make up remover ya, setelah itu baru cuci muka pakai facial wah. Nah saran gw lagi cari facial wash yang no foam alias tanpa busa. Biasanya yang kaya gitu dipastikan kandungan kimianya gak berat, jadi aman banget buat kulit sensitif, rasanya lembut ko. Dulu gw pake lulur wajah nature organic itu sih yang paling ampuh nyembuhin jerawat gw sampe 1 tahun gak ganti-ganti. Sekarang gw lagi pake facial wash dari The body shop. Lo bisa liat review gw di ( https://arinbeautytraveler.blogspot.co.id/2017/03/review-tea-tree-skin-clearing-facial.html ) 

Facial wash
Produk bisa beli di : https://t.productlink.io/b171vb7

Make up remover
Produk bisa beli di : https://t.productlink.io/b171vb5

  1. Pilih produk wajah non alcohol, Fragarence free, paraben free.
Produk wajah seperti facial wash, sunscreen, pelembab, toner dan segala kosmetik. Jadi jangan nilai kualitas produk dari harganya ya. Tapi liat produk dari komposisi nya. Kadang mahal pun kalo komposisinya ga baik ya ngapain banget kan. Kalo ada yang lebih murah tapi komposisinya baik bahkan alami 100%, itu lebih baik. Gak selalu yang murah jelek, dan yang mahal berkualitas ya. Untuk komposisi semua kosmetik memang rata-rata ada paraben, dan kalo emang selama batas yang wajar biasanya kulit gw gapapa sih. Buat komposisi yang gak baik buat kulit wajah gw itu pewangi. Biasanya produk yang mengandung pewangi (fragarence) langsung deh gak lama muka gw memberikan alarm seperti jerawat kecil-kecil muncul. Jadi saran gw carilah yang Fragarance free atau bebas pewangi. Lagian aneh juga kan masa wajah dikasih pewangi??? Untuk alkohol ya karena dia lebih mengeringkan muka aja sih. Gw kan kulit sensitif tapi kombinasi gitu ya, kadang kering kadang berminyak, kalo lagi kering pake produk yang mengandung alkohol bisa bikin merah-merah muka gw. Oh iya pilih juga produk yang sesuai jenis kulit ya. Kering sensitif atau berminyak sensitif. Karena kulit ada yang kering tapi gak sensitif ada juga yang berminyak juga gak sensitif amat gitu. Biasanya sih ada juga yang emang produk khusus sensitif (sensitive skin) atau kulit bermasalah (blemish skin). Bisa lihat di label produknya ya.

  1. Banyak minum air putih
Minum air putih menurut gw memberikan efek besar pada perawatan kulit kita dari dalam tubuh. Air putih bisa melembabkan kulit kita secara alami yang bikin awet muda loh dan juga mengeluarkan racun saat buang air kecil.

  1. Scrub wajah 3 hari 1 kali
Ya walaupun wajah tetep di scrub ya. Gunanya menghilankan sel kulit mati. Tapi jangan yang butirannya terlalu kasar seperti scrub badan, karena malah bisa bikin kulit wajah iritasi nantinya. Carilah scrub wajah yang butiranya halus, karena kulit wajah lebih tipis dibanding kulit badan. Gw sih pake St. Ives yang khusus blemish skin (kulit bermasalah). Gw belum bikin reviewnya sih… ditunggu ya. Pokoknya pake st. ives ini bisa ngilangin jerawat gw dan bekas jerawat gw juga. Kalo muka gw lagi gosong nih abis travelling gitu atau emang lagi beruntusan mukanya, biasanya gw scrub wajah bisa 2 kali 1 hari. Janga scrub tiap hari lah pokoknya, kasihan kulitnya masa mau di gosok terus. Ini kulit loh bukan tembok yang bisa di amplas sampe alus hehe… Produk bisa beli di : https://t.productlink.io/b171vc9

  1. Bawa selalu hand sanitizer
Hand sanitizer lebih dibutuhkan untuk selalu bersih aja sih tangannya. Gak mungkin kan kita selalu dikit-dikit cuci tangan, bisa-bisa kulit tangan kita yang ngelupas kulitnya kena sabun terus. Jadi gw selalu bawa kemana-mana nih hand sanitizer. Soalnya gw suka jahil tangannya megang-mugang muka, kan itu bisa menimbulkan jerawat juga. Kotoran yang ditangan kita, nempel diwajah masuk ke pori-pori mengendap dan jadilah jerawat. Heuheu…

  1. Hindari begadang
Karena kulit wajah bagian dari tubuh, dan tubuh kita perlu istirahat, so jangan begadang ya kalo emang waktunya istirahat, istirahatlah. Kasian kan kulitnya butuh waktu istirahat untuk meregenerasikan kulit kita lagi dimalam hari. Itu lah kenapa skincare malam hari lebih terlihat efeknya, karena kulitnya pas waktunya bekerja untuk meregenerasikan kulit. Sayang uda pake skincare…eh begadang juga, malah jadi menimbulkan jerawat.

Nah itulah tips-tips cara merawat kulit wajah yang sensitif dari gw, yang benar-benar berdasarkan pengalaman gw. Terima kasih yang uda baca, semoga bermanfaat dan boleh banget di share ke yang lain yang memang punya masalah kulit wajah sensitif juga.


By the way disaat gw uda berhasil mengurangi jerawat-jerawat yang besar di muka gw, disitulah mulai gw mencoba make up sampai mencintainya dan susah lepas. hihihi... dulu gak pake kosmetik lebih ke kasihan aja sama jerawat gede masa di tiban-tiban foundation yang gak guna untuk menyembuhkan jerawat.  Semangat menyembuh jerawat dan sabar terus ya untuk merawat kulit wajah sensitif.

Bye.. bye…

1 komentar untuk "Cara merawat Kulit Wajah yang Sensitif "

  1. Sis posting tentang menjaga agar kulit tetap hitam tapi sehat dong. Soalnya aku pakai produk kayak handbody (padahal gak whitening) tapi jadinya tetep aja agak putih. Penginnya kulit tetap kuning tapi sehat

    BalasHapus

Posting Komentar